kerja di internet

Apa Yang Anda Cari?

Loading

Selasa, 10 Mei 2011

Wow..charge baterai Handphone bisa Hanya dengan Suara

Bagi anda yang betah berlama-lama nelpon memakai ponsel ada kabar gembira yang membuat anda makin betah berlama-lama nelpon.Karena bakalan ada handphone yang mencharge baterainya  dengan berbicara kepada handset. Tak perlu repot lagi mencari stop kontak.Jadi dengan anda menelpon otomatis akan mencharge baterai.

Memang ponsel kehabisan baterai telah menjadi keluhan umum dalam kehidupan jaman sekarang. Hal ini tak jarang membuat si pengguna ponsel kesal. Namun sebuah penemuan baru tampaknya akan bisa menjadi solusi alternatif bagi masalah ini.


Dikutip detikINET dari Telegraph, Senin (9/5/2011), para insinyur di bidang elektro dari Sungkyunkwan University di Seoul, Korea Selatan, mengembangkan sebuah teknik baru yang bisa mengubah suara menjadi energi listrik. Jadi, baterai ponsel dapat di-charge atau diisi ulang saat si penggunanya tengah berbicara menggunakan ponsel itu.

Teknologi ini juga dapat memanfaatkan suara latar untuk mengisi ulang baterai saat tidak sedang digunakan. Dari mulai suara musik hingga kebisingan kendaraan bermotor, bisa menjadi energi untuk ponsel.

"Sejumlah pendekatan untuk 'mengais' energi dari lingkungan sekitar, semakin dikembangkan secara intensif," kata Dr Sang-Woo Kim, salah satu peneliti.

"Suara, yang selalu hadir dalam keseharian dan lingkungan kita masih diabaikan sebagai sumber energi. Hal ini lantas memotivasi kami untuk mewujudkan semacam pembangkit listrik yang mengubah suara dari percakapan, musik atau kebisingan menjadi energi listrik," paparnya.

Teknologi ini menggunakan seutas zinc oxide yang diselipkan di antara dua elektroda. Terdapat alat yang menyerap suara pada bagian atasnya dan akan bergetar saat ada suara yang diserapnya. Hal ini menyebabkan zinc oxide tertekan dan gerakan ini menghasilkan arus listrik yang bisa digunakan untuk mengisi ulang baterai ponsel.

Sejauh ini, temuan Dr Kim dan timnya itu dapat mengubah suara 100 decibel -- setara dengan kebisingan lalu lintas -- untuk menghasilkan 50 millivolt listrik.

6 komentar:

  1. wow canggih sekali ini gan
    dengan deteksi suara sudah bisa mengisi battery

    BalasHapus
  2. waw, pasti mahal sekali..

    BalasHapus
  3. wah canggih gan, kaya aki mobil, ngecharge sendiri kalo mobilnya dikendarai

    BalasHapus
  4. gan umunya kan HP berkamera, ada Hp bertoilet ga gan? makin canggih

    BalasHapus
  5. Iya lama-lama mungkin ada hape yan gak perlu di charge,hehehe...tenga matahari kale..,@khairil moga222 murah hehe..ha bertoilet?? tu hapenya harus segsde toilet juga donk wkwkwk..thanks all kunjungan n komennya

    BalasHapus

JANGAN LUPA KOMENTARNYA YACH !